Pilih Kusen Aluminium atau Kayu??? - Kusen AlumiKa Bekasi

Jasa specialist pemasangan dan pembuatan produk interior dan eksterior rumah, gedung, kantor, dll berbahan aluminium dan kaca. Call 081213364925

SUBTOTAL :

Promo Discount

Search

Pilih Kusen Aluminium atau Kayu???

Pilih Kusen Aluminium atau Kayu???

Short Description:
Pilih mana ... Kusen Aluminium atau Kusen Kayu???

Product Description

Pilih mana ... Kusen Aluminium atau Kusen Kayu???

*semua kembali kepada pilihan anda...


Dulu mungkin kita hanya mengenal kusen berbahan kayu.
Namun dengan berkembangnya zaman, saat ini kusen kayu dapat digantikan dengan kusen aluminium.

Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa jika semakin banyak kayu yang digunakan maka semakin sedikit pula jumlah kayu yang tersisa di hutan, dan hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang kurang baik pada lingkungan, seperti pemanasan global, tanah longsor,, dan tentunya daerah resapan air pun semakin berkurang.

*ini yg harus betul di perhatikan , perlu kesadaran akan pentingnya alam... Jadilah pribadi yg bijak dalam mimilih!!! *

Namun, kembali lagi kepada kesadaran anda , lebih baik kusen kayu atau kusen aluminium? Jika Anda sedang berniat untuk membuat kusen pada rumah Anda...

Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan kedua bahan tersebut:  

KUSEN KAYU

Kelebihan: Tersedia beragam variasi bentuk sesuai kebutuhan ( tradisional, modern, minimalis, klasik, dll ) Kusen kayu bisa diterapkan pada designrumah tipe apa saja.

Kayu memang fleksibel untuk dirubah bentuknya sesuai desain, seperti bentuk lurus atau melengkung, dan dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan Rumah akan tampil lebih alami dengan adanya ornament kusen kayu.

Kekurangan: Sulit menjangkau kayu dengan kualitas baik.
Mudah dimakan rayap, perawatan secara berkala dengan cat atau coatingagar tetap awet, dan menyerap air sehingga menyebabkan volume kayu dapat berubah-ubah.  

Akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai. Kayu yang digunakan untuk kuda-kuda, gording, usuk dan reng pada atap bisa mengalami ‘puntir’ bila yang digunakan kayu dengan kualitas buruk. Lebih mahal dibanding aluminium, dalam pengertian biaya proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen kayu lebih mahal.


KUSEN ALUMINIUM





Kelebihan: Tahan keropos.
Mengurangi kemungkinan dimakan rayap. Bahan aluminium lebih tahan lama, anti rayap, tidak menyusut seperti kayu, tidak akan mengalami penyusutan dan perubahan bentuk / melengkung akibat perubahan cuaca.

Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan warna kayu bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu.

Desain dapat dibuat sesuai pesanan.

Keunggulan kusen aluminium adalah bobotnya yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan.

Perawatannya yang simpel menjadi daya tarik bagi pembelinya disamping kualitas bahan aluminium.

Ekonomis. Artinya biaya proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen aluminium lebih murah.

Kekurangan: Variasi bentuk terbatas, karena merupakan standart pabrik, hanya terbatas pada bentuk minimalis dan klasik Eropa.

Pemasangan dengan menggunakan sistem fischer. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang diborkan dan ditanam bersama kusen merapat ke tembok sekeliling kusen pintu yang sudah diplester rapi.

Untuk teknik pemasangan ini, apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya maka dapat berakibat fatal. Cara pemasangan kusen aluminium mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan melekat pada dinding menjadikannya harus dipasang dengan presisi dan diplester rapi agar tidak terjadi kebocoran dan kesalahan lainnya.

Disarankan untuk tidak memilih kusen aluminium yang bermutu rendah, karena dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu drastis karena kaca yang dibingkai dapat mudah lepas. Sambungan yang kurang baik pada siku atau kaca dapat menyebabkan air hujan dapat masuk, karena itu faktor penyambungan dan ‘sealant’ atau karet penyekat antara kaca dan alumunium harus dari bahan berkualitas dan tahan lama agar air tidak mudah masuk ke dalam kusen atau ke ruangan.

Terimakasih.